Syiah dikenal dengan sebutan Rafidhah karena mereka menolak mengakui
khilafah Abu Bakar Radhiyallahu anhu dan 'Umar Radhiyallahu anhu bin
Khaththab dan penolakan mereka atas sanjungan Zaid bin 'Ali bin Husain
terhadap dua orang terbaik umat itu. Mereka menyikapi jawaban Zaid bin
Ali bin Husain dengan , "Rafadhnaka" yang artinya kami menolak
jawabanmu. Akhirnya mereka dikenal dengan nama Rafidhah.
Rafidhah adalah salah satu sekte Syiah, dan memiliki banyak nama
diantaranya al-Itsna 'Asyariyah, Ja'fariyyah, Imamiyyah dan nama yang
lainnya, akan tetapi hakikatnya sama. Apabila pada zaman ini disebutkan
kata Syiah secara mutlak, maka tidak lain yang dimaksudkan adalah
Rafidhah
Rafidhah memiliki keyakinan-keyakinan yang sangat bertentangan dengan
Islam yang mereka jadikan sebagai dasar agama mereka. Di antara
kerusakan keyakinan mereka adalah:
1. Al-Qur`ân yang dijamin keutuhan dan keasliannya oleh Allâh Azza wa
Jalla telah banyak berkurang dan mengalami banyak perubahan. Bahkan
menurut mereka, al-Qur`ân hanya sepertiga dari al-Qur`ân yang dipegang
'Ali bin Abi Thâlib Radhiyallahu anhu yang mereka sebut dengan Mushaf
Fâthimah yang turun temurun dibawa oleh para imam dan sekarang dibawa
oleh Imam al-Muntazhar (imam yang mereka tunggu kedatangannya)?!!
2. Al-Qur`ân tidak bisa dipahami kecuali dengan penafsiran para imam dua belas.
3. Mereka melakukan ta'thîl (meniadakan) nama-nama dan sifat-sifat Allâh
Azza wa Jalla sehingga dalam konteks ini mereka termasuk kaum
Jahmiyyah.
4. Iman dalam pandangan mereka adalah mengenal dan mencintai para imam.
5. Mereka menafikan takdir sehingga mereka termasuk golongan Qadariyyah (kelompok yang tidak mengimani takdir).
6. Mereka meyakini Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam berwasiat
kepada 'Ali untuk menggantikannya sebagai khalifah sepeninggalnya.
7. Pengkafiran terhadap para Sahabat Nabi dan keyakinan bahwa para
Sahabat Nabi telah murtad kecuali hanya beberapa orang saja dari mereka.
Tentang keyakinan ini, Imam Abu Zur'ah rahimahullah berkomentar untuk
mendudukkan tujuan utama yang mereka bidik melalui pengkafiran umum
terhadap Sahabat Nabi Radhiyallahu anhum : “Sesungguhnya tujuan mereka
mencela para Sahabat Radhiyallahu anhum adalah untuk mendongkel
al-Qur`ân dan Sunnah. Kalau pembawa dan penyampai agama ini adalah
orang-orang yang murtad, bagaimana kita menerima apa yang mereka
sampaikan. (Inilah tujuan mereka, red). Allâh Azza wa Jalla berfirman:
يُرِيدُونَ لِيُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ بِأَفْوَاهِهِمْ وَاللَّهُ مُتِمُّ نُورِهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ
Mereka ingin memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut
(ucapan-ucapan) mereka, dan Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya
meskipun orang-orang kafir benci [ash-Shaff/61:8]
Barangsiapa memiliki anggapan bahwa para Sahabat Radhiyallahu anhum
telah murtad kecuali hanya beberapa yang hanya mencapai belasan orang
saja atau kebanyakan merupakan orang-orang fasik setelah meninggalnya
Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , maka tidak diragukan lagi
akan kekufurannya karena telah mendustakan ayat-ayat al-Qur`ân yang
menjelaskan keridhaan dan pujian Allâh Azza wa Jalla terhadap para
Sahabat. Siapakah yang meragukan kekufuran keyakinan seperti ini?!
Kekufuran orang yang meyakininya sudah pasti. Sesungguhnya anggapan ini
juga mengharuskan bahwa penyampai al-Qur`ân dan Sunnah adalah
orang-orang kafir dan fasik. (Berdasarkan keyakinan mereka yang rusak
itu), firman Allâh berikut :
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia [Ali 'Imrân/3:110]
Memberikan makna bahwa umat yang terbaik dan generasi pertama umat
adalah orang-orang kafir dan fasik yang berarti bahwa umat ini adalah
sejelek-jelek umat dan yang terjelek adalah generasi awalnya. Kekufuran
keyakinan seperti ini sangat nyata dalam Islam".[1]
8. Para imam dua belas mendapatkan wahyu dari Allâh Azza wa Jalla ,
sehingga kaum Syiah mendefinisikan Sunnah dengan istilah segala yang
berasal dari orang ma'shûm (yang terjaga dari dosa dan kesalahan) baik
berupa perkataan, perbuatan, ataupun taqrîr (pembenaran). Menurut
mereka, hanya 'Ali bin Abi Thâlib yang menguasai Sunnah-sunnah
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
9. Imâmah (kepemimpinan) kaum Muslimin hanya dipegang oleh Imam Dua
Belas. Mereka mencela dan tidak mengakui khilafah Abu Bakar Radhiyallahu
anhu dan 'Umar Radhiyallahu anhu
Tentang keyakinan ini, Imam Syafi'i berkata, "Barangsiapa tidak mengakui
khilafah (kepemimpinan) Abu Bakar Radhiyallahu anhu dan 'Umar
Radhiyallahu anhu , dia adalah seorang rafidhi".
10. Para imam memiliki sifat ma'shûm, terjaga dari kesalahan mereka,
tidak pernah lupa dan selalu mengetahui apa yang terjadi dan yang akan
terjadi.
11. Para imam tidak akan mati kecuali dengan keinginan mereka.
12. Para imam akan bangkit dari kubur apabila mereka menghendaki, untuk
menjumpai sebagian manusia. Keyakinan ini mereka sebut dengan akidah
zhuhûr
13. Para imam dan wali lebih mulia daripada para nabi dan rasul.
14. Para imam akan kembali ke dunia setelah kematian mereka demikian
pula Ahlussunnah. Mereka kemudian akan membalas para Sahabat, menyalib
Abu Bakar Radhiyallahu anhu dan 'Umar Radhiyallahu anhu dan menegakkan
hukuman zina terhadap 'Aisyah Radhiyallahu anhuma - semoga Allâh Azza wa
Jalla menghancurkan mereka-. Keyakinan ini mereka sebut dengan akidah
ar-raj'ah
15. Kuburan para imam adalah tempat-tempat suci.
16. Keyakinan bada' yaitu terkuaknya sesuatu bagi Allâh Azza wa Jalla
setelah sebelumnya tersembunyi sehingga menyebabkan Allâh Azza wa Jalla
menarik perkataan yang telah difirmankan atau perbuatan yang dilakukan.
Maha suci Allâh Azza wa Jalla atas apa yang mereka katakan
17. Mereka berkeyakinan orang-orang di luar mereka adalah kafir, sama sekali tidak berhak untuk masuk surga
18. Mereka berkeyakinan bahwa seluruh kebaikan yang dilakukan oleh
Ahlussunah akan diberikan untuk Syiah dan dosa-dosa Syiah akan
dibebankan kepada Ahlussunnah. Ini yang mereka sebut dengan istilah
ath-thînah
19. Kewajiban melakukan taqiyah, yaitu seorang penganut agama Syiah
berkata dengan perkataan yang berbeda dengan apa yang dia yakini, atau
menampakkan sesuatu yang berbeda dengan apa yang ada pada hatinya.
Keyakinan taqiyah ini merupakan satu kewajiban bagi para penganut Syiah.
Oleh karena itu, penganut Syiah mengerjakan shalat di belakang
Ahlussunnah dalam rangka taqiyah (melindungi diri) dan pujian-pujian
para imam mereka terhadap para Sahabat dilakukan dalam rangka
menjalankan taqiyah
20. Imam yang kedua belas, Muhammad bin Hasan al-'Asykari telah memasuki
salah satu gua di daerah Samira tahun 260 H pada saat masih kecil. Ia
telah menjadi seorang imam sejak kematian ayahnya sampai hari ini.
Padahal fakta menyatakan bahwa Hasan al-Askari meninggal dalam keadaan
mandul, tidak memiliki anak.
21. Halalnya darah dan kehormatan Ahlussunnah. Menurut mereka, boleh menggunjing, mencela bahkan melaknat Ahlussunnah.
22. Menghalalkan nikah mut'ah (kawin kontrak). Bahkan menurut mereka
nikah mut'ah lebih utama daripada menjalankan shalat, puasa, dan haji
RENUNGAN
Setelah penyampaian keyakinan Syiah secara global ini, Syaikh Dr.
Muhammad Musa Alu Nashr hafizhahullâh mengatakan: "Setelah pemaparan
semua ini, bolehkan kita katakan bahwa Syiah adalah saudara-saudara kita
atau mengatakan bahwa mereka adalah ahli tauhid?![2] . Mustahil, kalau
keyakinan-keyakinan ini hanya sebuah aliran saja. Akan tetapi, itu
merupakan sebuah agama tersendiri (Syiah). Syiah adalah sebuah agama.
Dan agama Ahlussunnah adalah risalah yang dibawa oleh utusan Penguasa
alam semesta, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Aqidah mereka yang sesat ini tertulis di dalam kitab-kitab para agamawan
mereka dan tidak perlu kita nukilkan omongan-omongan mereka karena
hanya akan menyesakkan dada dan mengeruhkan pikiran. Orang-orang yang
masih memiliki akal sehat dan pikiran yang lurus akan enggan
mendengarkannya, apalagi sampai mau mengikuti mereka.
Allâh Azza wa Jalla telah mendatangkan dari kalangan Ahlussunnah,
orang-orang (ulama) yang mematahkan syubhat mereka, menguliti kegelapan
akidah mereka, menguak kesesatan dan kebodohan mereka, membantah
kedustaan mereka, menjelaskan pengkaburan dan penipuan yang mereka
lakukan, membuka kedok kepalsuan dan penyimpangan mereka, membersikan
nama para Sahabat Rasulullah dari kedustaan dan celaan- celaan yang
mereka lancarkan…
'Ali bin Abi Thâlib Radhiyallahu anhu berkata:
لِيُحِبُّنِيْ رِجَالٌ يُدْخِلُهُمُ اللهُ بِحُبِّيْ النَّارَ وَيُبْغِضُنِيْ رِجَالٌ يُدْخِلُهُمُ اللهُ بِبُغْضِيْ النَّارَ
Sungguh akan ada orang-orang yang dimasukan oleh Allâh ke dalam neraka
karena kecintaan mereka kepadaku. Dan sungguh akan ada orang-orang yang
dimasukkan oleh Allâh ke dalam neraka karena kebencian mereka kepadaku
[3]
(Diringkas dari al-Intishâr bi Syarhi 'Aqîdati Aimmatil Amshâr, disyarah
oleh Syaikh Dr. Muhammad bin Musâ Alu Nashr, ad-Darul Atsariyyah, Aman,
Yordania, Cet. I Th. 2008, hlm. 341-348)
[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 06/Tahun XIV/1431H/2010.
Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi
Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-858197 Fax 0271-858196]
_______
Footnote
[1]. Ash-Shârimul Maslûl hlm. 586-587
[2]. Syaikh Dr Muhammad bin Musa Alu Nashr mengatakan, "Akan tetapi,
kita tidak boleh mengkafirkan kalangan awam mereka. Vonis pengkafiran
ini terarah kepada para pemakai imamah (agamawan mereka), tokoh-tokoh
yang menggiring orang-orang yang buta. Mereka ini lebih sesat dan lebih
celaka. Sebab mengetahui (kebenaran), namun menyelewengkannya".
al-Intishâr bi Syarhi 'Aqîdati Aimmatil Amshâr, hlm. 344
[3]. Diriwayatkan oleh Imam Ibnu Abi 'Ashim no 983, 'Abdullâh no. 1344, al-Ajurri no. 2087
Minggu, 26 Januari 2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 comments:
Posting Komentar